ST3 Telkom Purwokerto Jalin Kerjasama Pendidikan Internasional

PurwokertoSekolah tinggi Teknik Telematika (ST3) Telkom Purwokerto melebarkan sayap kerjasama Dengan dunia Internasional. Empat kampus di Korea Selatan, yakni Catholic University of Daegu, Suncheon National University, Hanbat National University dan Sun Moon University telah menandatangani kesepakatan kerjasama di bidang pendidikan, barubaru ini.

MOU Catholic University of Daegu

Wakil Ketua I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Wahyu Pamungkas ST MT (kiri) mengungkapkan, kerjasama ini bertujuan untuk mendorong kegiatan mahasiswa dan dosen untuk memiliki pengalaman Internasional. beberapa agenda yang akan dilaksanakan ini meliputi kolaborasi belajar mengajar, pemberian beasiswa Internasional, penelitian bersama, pertukaran pelajar, pertukaran dosen dan pertukaran materi pembelajaran.

“Itu manfaatnya akan besar sekali. mahasiswa bisa mendulang pengalaman di luar negeri, bisa belajar banyak. Segala hal positif yang diserap dari luar negeri diharapkan bisa diterapkan Dengan baik Indonesia,” kata Wahyu, kemarin.

Dia mengatakan, proses penandatanganan nota kesepahaman dilaksanakan secara berturut-turut Pada 2627 Mei di masing-masing universitas. Kegiatan ini difasilitasi oleh South East Asean Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (Seamolec) yang berkantor pusat di Jakarta.

Wahyu menambahkan, perjanjian kerjasama ini membuka peluang bagi mahasiswa dan dosen untuk mengikuti studi ataupun short course di Korea Selatan. Terbuka pula peluang untuk memperoleh beasiswa yang disediakan oleh pihak universitas maupun pemerintah Korea Selatan.

Berbekal pengalaman belajar di universitas Korea Selatan tersebut, maka mahasiswa akan mudah memperoleh pekerjaan Dengan standar gaji yang tinggi dan bekerja Pada perusahaan-perusahaan kelas dunia. Prasyarat utama untuk yang berminat mengikuti program-program tersebut adalah penguasaan Bahasa Korea, mengingat Bahasa pengantar dalam pembelajaran adalah Bahasa Korea.

ke depannya, ST3 Telkom bekerjasama Dengan IKCS (Indonesian Korean Cuture Study; red) untuk membantu mahasiswa dan dosen mempelajari Bahasa Korea secara intensif. Selain empat universitas tersebut, ST3 Telkom Purwokerto juga Tengah menjajaki kerjasama Dengan Jeon Ju University Korea Selatan,” sambungnya.

Sementara itu, Vice president Catholic University of Daegu, Dr Nam Chong Hoon mengatakan, kerjasama tersebut akan memberikan nilai tambah tersendiri. Pihaknya akan membuka kesempatan selebarnya bagi mahasiswa dan dosen ST3 Telkom yang ingin belajar di Korea Selatan.

“Kami senang dan berterimakasih atas kunjungan dan keinginan ST3 Telkom menjalin kerjasama. Kami akan membuka kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk belajar dan mengambil scholarship ataupun beasiswa yang tersedia,” kata dia.(-)